Bagaimana Sih Sifat Dari Anak Pertama Itu

Dalam jiwa seorang anak pertama selalu ada hal menarik tersendiri jika dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang lain, biasanya anak pertama memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Pada artikel ini aku akan ulas tentang fakta anak pertama dalam keluarga dan dalam kehidupan bersosial. Cobalah untuk membaca fakta-fakta berikut dan rasakan, kira-kira adakah jiwamu disini?


1. Fakta anak pertama dilahirkan untuk belajar

Anak pertama biasanya memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih banyak jika dibandingkan dengan saudara-saudaranya. Ia akan banyak mengahadapi suatu tantangan bahkan cobaan yang mengaharuskannya melewati kerikil-kerikil tajam di jalan kehidupannya.

Anak pertama akan banyak belajar dari pengalaman hidupnya, kemudian ia akan mengajarkan pengalamannya kepada adik-adiknya supaya tidak mengalami hal yang sama seperti dirinya.

Di dalam keluarga, anak pertama lebih terlihat pintar di bandingkan adik-adiknya, hal ini karena anak pertama adalah seorang pembelajar alami, mereka terlahir pertama serta terbiasa dengan belajar secara otodidak atau mandiri.

Kelebihan sifat yang dimiliki anak pertama tersebut akan lebih berkembang lagi apabila kedua orang tua ikut serta dalam mendapingi dan mengarahkan anak pertama pada hal-hal yang lebih positif.

Apakah kamu anak pertama? Yakinlah sebenarnya ada potensi luar biasa yang ada di dalam dirimu, kamu perlu untuk memunculkannya.

2. Fakta pertama merupakan pemimpin alami

Anak pertama adalah anak yang terdidik sebagai seorang pemimpin, di sadari atau tidak di dalam kehidupannya anak pertama merupakan panutan untuk adik-adiknya.

Jiwa anak kepemimpinan anak pertama muncul karena terbiasa dengan tanggung jawab, seperti misalnya saat anak pertama di minta oleh orang tua untuk menjaga dan mengawasi adik-adiknya.

Oleh karena itu, biasanya seorang anak pertama di dalam sebuah kemunitas atau perkumpulan akan tampak menonjol dalam kelompok itu, jiwa kepemimpinannya secara otomatis akan ada pada dirinya.

Seorang anak pertama adalah anak yang punya potensi besar untuk menjadi pemimpin yang hebat, oleh karena itu perhatian dan peran orang tua sangat berpengaruh sekali.

Jika kedua orang tua bisa memberikan contoh, memberikan pelajaran serta adanya komunikasi yang baik, seorang anak pertama bisa menjadi orang yang mandiri, berguna bagi masyarakat sekitar, negara dan agama.

3. Fakta anak pertama yang mempunyai sifat baik

Jika kita perhatikan dengan seksama, jarang kita temui anak pertama yang berperilaku nakal. Biasanya inilah yang terjadi, anak pertama adalah anak yang mempunyai perilaku lebih sopan dan perhatian jika dibandingkan dengan adik-adiknya.

Hal ini dikarenakan anak pertama lebih sering melakukan interaksi kepada kedua orang tua sebelum mengambil tindakan. Baginya, setiap apa yang akan ia perbuat nantinya akan di contoh oleh adik-adiknya.

Jika kita menemui seorang anak mempunyai sifat nakal, hal itu karena kurangnya perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Kenakalan ini muncul karena sebenarnya si anak ingin diperhatikan oleh orang tuanya.

Di tambah lagi, anak pertama terkadang menjadi korban untuk disalahkan oleh orang tuanya karena kenakalan adiknya, dan lain-lainnya. hal ini tentunya adalah hal yang sangat tidak baik dilakukan oleh orang tua.

Anak pertama memang memiliki bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan adik-adiknya., akan tetapi orang tualah yang sangat berperan dalam hal ini. Menjadikan pelajaran kepada anak pertama agar menjadi kakak yang lebih dewasa dan bijaksana.

Saat anak pertama tumbuh menjadi dewasa akan membuat sifat kasih sayangnya semakin besar pada hatinya. Hal ini yang membuat sifat anak pertama menjadi baik serta disukai banyak orang.

Dari kebiasaan baik itu, anak pertama akan tumbuh menjadi manusia yang baik pula dilingkungan sosial dan masyarakatnya.

4. Sifat anak pertama yang perhatian

Sifat anak pertama yang memiliki rasa perhatian besar ini bisa dikarenakan adanya rasa tanggung jawab terhadap adik-adiknya, Karena sebab itulah, anak pertama bisa memberikan suatu perhatian yang lebih kepada orang lain.

Selain itu, sifat perhatian yang tinggi membuat anak pertama lebih mudah untuk memahami perasaan orang lain disekitarnya. Nah, apabila kamu ingin mendapatkan perhatian lebih carilah pasangan seorang anak pertama. Anak pertama akan mudah mengerti kamu karena memiliki sifat perhatian yang tinggi. Itu!

5. Fakta anak pertama bertanggung jawab namun mudah stress

Anak pertama adalah anak yang dilahirkan menjadi orang orang yang bertanggung jawab, bahkan sifat tanggung jawab itu bukanlah hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk adik-adiknya.

Orang tua yang baik adalah orang tua yang memberikan pelajaran pada anak pertama sifat tanggung jawab, terkadang tanggung jawab yang dimiliki anak pertama menjadikan ia ingin melakukan setiap tugasnya dengan sempurna, sehingga biasanya rentan akan stress.

Solusi pada sifat anak pertama yang mudah stress ialah dengan memberikan anak pertama sebuah dukungan secara moral pada dirinya. Selain itu juga, anak pertama juga sangat membutuhkan seseorang yang bisa diajak berdiskusi untuk memecahkan semua permasalahan yang dialami dalam hidupnya.

Dengan banyaknya tantangan yang dihadapi anak pertama, serta dukungan moral serta komunikasi yang baik dari kedua orang tua. Anak pertama akan menjadi manusia yang lebih bisa menyesuaikan diri dalam keadaan apapun.

6. Fakta anak pertama memiliki kreatifitas tinggi

Mungkin sebagian dari kalian akan menyangkal tentang pernytaan bahwa anak pertama itu memiliki kreatifitas yang tinggi, karena kreatifitas itu tidak ada hubungannya dengan urutan kelahiran, dan siapapun bisa saja kreatif.

Yap memang menar, akan tetapi anak pertama tumbuh dan terdidik untuk menjadi seorang yang kreatif, ia terbiasa memikirkan segala sesuatu kehidupan yang ia jalani. Anak pertama terbiasa dengan berbagai permasalahan yang ia hadapi sejak kecil.

Jika diperhatikan secara seksama, kreatifitas seorang kakak sebagai anak pertama akan tampak lebih jika dibandingkan dengan saudara-saudaranya. Begitupun jika di dalam lingkungan sosial secara umum, seseorang yang sebagai anak pertama akan terlihat memiliki kreatifitas yang tinggi dari pada anak yang lain.

7. Egois keras kepala tapi care

Anak pertama itu pastinya lahir duluan, jadi ia mendapatkan limpahan kasih sayang dan terlalu dimanja oleh kedua orang tua. Terkadang hal ini yang membuat anak tersebut menjadi sedikit egois dan keras kepala.

Tapi tentu saja sikap ini perlahan akan hilang disaat anak tersebut beranjak dewasa, apalagi jika perempuan. Meskipun dia keras kepala kalau dibilangin tapi memiliki rasa peduli banget. Meskipun terlihat salah dia bakal lebih peduli ke orang-orang yang di sayang sama dia.

Saat ia mulai tumbuh dewasa, rasa egoisnya akan ia sadari dan memulai belajar untuk memahami perasaan orang lain, di dalam hal prinsip anak pertama yang konsisten dan teguh sama pendiriannya. Yap, anak pertama adalah calon pasangan hidup yang ideal.

8. Kalo ngambek dia bakal diemin kita

Pasti kamu semua udah pada paham sifat yang satu ini, anak sulung akan lebih memilih buat diam saat ia ngambek atau ada sesuatu yang membuatnya sebal, ya daripada capek ngomong. Apalagi kalau si sulung perempuan, kan jadi horor kalau diem begitu.

Hal ini dirasa akan lebih menenangkan hati buat si sulung, sejenak diem buat refresing hati dan pikiran. Tapi tenang, diemnya enggak lama kok, di balik diemnya masih tersimpan kasih sayang yang begitu dahsyat.

9. Sifat anak pertama : Penyayang


Di dalam hidupnya, keluarga adalah segalanya. Ibu, Ayah serta adik-adiknya merupakan sosok yang sangat ia cintai. Dalam setiap langkah yang akan ia ambil selalu memikirkan faktor keluarga.

Anak pertama memiliki adik dan harus menjadi panutan, ia juga harus memberikan contoh kepada adik-adiknya untuk berbakti dan mencintai ibu dan bapak, ia terlahir untuk berjuang dan membahagiakan orang-orang yang ia cintai. Ini yang membuat anak sulung menjadi penyayang dan sulit melupakan orang yang dia sayang

10. Sikap anak pertama yang bijaksana

Ini adalah sifat dasar anak pertama, dewasa dan memiliki banyak ilmu. Ia akan bisa memberikan saran yang bijak untuk adik-adiknya, dan sering kali anak pertama berperan sebagai konsultan dan bahkan seorang konselor bagi adik-adiknya.

Di dalam kehidupan sosial, kebijaksaan yang tumbuh dari sifat anak pertama ini juga banyak membantu orang lain. Dalam sebuah kelompok jika terjadi konflik, sering kali anak pertama bisa untuk menjadi penengah dari suatu permasalahan.

11. Fakta anak pertama paling rajin dan suka menolong

Menjadi anak tertua otomatis tanggung jawab yang diberikan orang tua lebih besar, inilah yang membuat si sulung menjadi paling rajin diantara saudara-saudaranya. Kebiasaan baik ini biasanya juga akan terbawa saat si sulung hidup di masyarakat.

Berkat terbiasa dengan tanggung jawab dan kedewasaannya akan menjadikan ia menjadi orang yang peduli terhadap lingkungan dan juga suka menolong sesama yang membutuhkan bantuannya.

12. Anak pertama suka traveling

Terkadang, begitu banyaknya hal yang harus dikerjakan olehnya, anak sulung biasanya cepat jenuh dan stres. Hal inilah yang membuat mereka suka bepergian / melancong atau shoping untuk mengatasi kejenuhannya.

13. Selalu menjadi andalan banyak orang

Karena sikapnya yang sudah terbiasa bertangggung jawab, panggilan jiwanya akan lebih tampak ketika hidup bermasyarakat. Anak sulung selalu mendapat pelajaran hidup sedari kecil.

Karena biasa diberi tanggung jawab dan bisa menyelesaikan dengan baik, sifat kedewasaanya akan lebih meninjol di banding saudara-saudaranya. Jika banyak orang yang lebih percaya ke sulung dari pada adiknya, itu karena sisi kedewasaan dan pengalaman dalam hidupnya sendiri.

14. Senyuman tetap dibibir walaupun sedih

Si sulung sering senyum bahkan ketawa yang bahkan orang lain mengira dirinya bahagia. Setiap sisi kesedihan pasti di tutup rapat-rapat agar orang lain tidak tau. Dia itu sayang sama sekitarnya dan tidak ingin semua orang ikut sedih karenanya. Baik banget ya, si sulung.

15. Selalu mengingat teman lamanya

Dari ujung sini ke sana pasti sulung selalu ingat sama temannya meskipun pernah jadi musuh atau pernah menyakitinya. Meskipun begitu, kebaikan dari temannya tidak akan terlupa gitu aja. Baginya, masa lalu biarlah masa lalu. Jika bertemu lagi hal itu tentunya sudah berbeda.

Meskipun biasanya sifat anak sulung suka diem dan nebosenin, ia adalah seorang teman yang sangat setia, ia bisa menjadi teman yang baik untuk siapapun.

16. Fakta anak pertama selalu berusaha hidup mandiri

Yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, ia terlahir sebagai anak pertama dan sudah pasti dong ia terdidik untuk mandiri. Karena ia dirinya adalah anak tertua dan dalam hidupnya ia tidak ingin menyusahkan orang tua dan juga adik-adiknya.

17. Sifat anak pertama santun dan dewasa

Anak pertama memiliki sifat santun di dalam dirinya, ia sudah terlatih dalam berbagai permasalahan hidup. Saat ada perdebataan dengan adik-adiknya, si sulung akan bersikap dewasa dan cenderung mengalah.

Saat hidup bersosial, seorang anak pertama juga akan mudah dan bisa berhadapan dengan orang lain. Ia bisa berinteraksi dan berkomunikasi lebih baik dibandingkan yang lainnya.

18. Watak anak pertama cenderung melankolis

Setangguh apapun seorang anak pertama, ternyata ia sebenarnya hatinya juga lembut seperti salju, bahkan ia juga cengen dan mengangis saat sesuatu yang buruk menimpa orang tersayangnya.

Namun hal ini tidak ada yang tahu, karena ia akan mengangis pada situasi aman yang gak ada orang lain tau. Biar dia dan sang pencipta saja yang tau.

19. Anak pertama lemah dalam percintaan

Jika kita perhatikan secara detail, si sulung sekali kalah gesit daripada adik-adiknya. Entah kenapa, cinta memang susah buat si sulung, susah mempelajari cinta katanya.

Hal ini bukan karena si sulung tidak bisa, ia terlalu fokus ke target masa depan dan keluarga yang ia cintai. Kalau cinta belakangan aja deh.

20. Anak yang paling dinanti orangtua


Anak pertama adalah anak yang sangat dinanti-nantikan oleh keluarga, apalagi saat si sulung merantau jauh, keluarga di rumah akan terasa hampa tanpa kehadiran si sulung. Bisa dibayangkan begitu besarnya perhatian, kasih sayang, dan kemudahan toleransi yang akan didapatkan.

Bisa jadi setiap hari ada hal baru. Saat lahir si adik, anak pertama pun mendapat pembelajaran tentang berbagi, mengalah, berkorban, dan juga memimpin, karena tidak jarang orang tua menuntut anak sulung untuk mengalah.

Itulah tadi fakta-fakta yang terdapat pada anak pertama. Semoga kita bisa belajar sifat-sifat baik si sulung yang sudah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

https://goodminds.id/fakta-anak-pertama/
22/10/2018 9:49:47
berita ini sudah dilihat oleh 473 pengunjung
Baca Berita Lainnya
tips-membuat-es-buah-yang-mudah-dengan-susu
Tips Membuat Es Buah yang Mudah Dengan Susu
15/11/2018 0:00:00
calon-suaminya-jadi-korban-jatuhnya-lion-air,-wanita-ini-tetap-penuhi-janjinya
Calon Suaminya Jadi Korban Jatuhnya Lion Air, Wanita Ini Tetap Penuhi Janjinya
14/11/2018 0:00:00
5-fakta-dari-stan-lee,-legenda-komik-marvel
5 Fakta Dari Stan Lee, Legenda Komik Marvel
13/11/2018 0:00:00
wanita-yang-ber-obsesi-jadi-paling-gemuk-di-dunia
Wanita yang Ber Obsesi Jadi Paling Gemuk Di Dunia
12/11/2018 0:00:00
fakta-unik-mengenai-otak-pria-dan-wanita
Fakta Unik Mengenai Otak Pria Dan Wanita
11/11/2018 0:00:00
10-fakta-unik-dari-hari-pahlawan-10-november
10 Fakta Unik Dari Hari Pahlawan 10 November
10/11/2018 0:00:00
tips-hadapi-patah-hati,-buat-kamu-yang-sedang-putus-cinta
Tips Hadapi Patah Hati, Buat Kamu yang Sedang Putus Cinta
09/11/2018 0:00:00
5-makanan-khas-bandung-yang-terkenal-lezat
5 Makanan Khas Bandung yang Terkenal Lezat
08/11/2018 0:00:00
tips-tampil-percaya-diri-untuk-raih-kesuksesan
Tips Tampil Percaya Diri Untuk Raih Kesuksesan
07/11/2018 0:00:00
tips-agar-terlihat-lebih-muda-yang-murah-meriah
Tips Agar Terlihat Lebih Muda yang Murah Meriah
06/11/2018 0:00:00
mata-panda-karena-kurang-tidur-?-begini-cara-menghilangkannya
Mata Panda Karena Kurang Tidur ? Begini Cara Menghilangkannya
05/11/2018 0:00:00
fakta-tentang-obesitas-yang-perlu-kamu-ketahui
Fakta Tentang Obesitas yang Perlu Kamu Ketahui
04/11/2018 0:00:00
ingin-olahraga-lari-tidak-membosankan-?-berikut-tipsnya
Ingin Olahraga Lari Tidak Membosankan ? Berikut Tipsnya
03/11/2018 0:00:00
fakta-dari-black-box-pesawat-yang-perlu-kamu-tau
Fakta Dari Black Box Pesawat yang Perlu Kamu Tau
02/11/2018 0:00:00
arti-kedutan-mata-kelopak-mata-sebelah-kanan-atas
arti kedutan mata kelopak mata sebelah kanan atas
02/11/2018 0:00:00
tipe-karakteristik-dari-orang-ber-golongan-darah-b
Tipe Karakteristik Dari Orang Ber Golongan Darah B
01/11/2018 0:00:00
fakta-dari-orang-bertipe-pendiam
Fakta Dari Orang Bertipe Pendiam
31/10/2018 0:00:00
fakta-penting-di-balik-jatuhnya-pesawat-lion-air
Fakta Penting Di Balik Jatuhnya Pesawat Lion Air
30/10/2018 0:00:00
pesawat-lion-air-di-kabarkan-jatuh
Pesawat Lion Air Di Kabarkan Jatuh
29/10/2018 0:00:00
fakta-di-balik-sumpah-pemuda,-kamu-tau-ga-?
Fakta Di Balik Sumpah Pemuda, Kamu Tau Ga ?
28/10/2018 0:00:00
fakta-dari-anak-sulung-yang-perlu-kamu-tau
Fakta Dari Anak Sulung yang Perlu Kamu Tau
27/10/2018 0:00:00
ingin-hilangkan-jerawat-berikut-tips-yang-bisa-kamu-gunakan
Ingin Hilangkan Jerawat Berikut Tips yang Bisa Kamu Gunakan
26/10/2018 0:00:00
cari-tau-tipe-kepribadianmu-dengan-melihat-gambar-segitiga-ini
Cari Tau Tipe Kepribadianmu Dengan Melihat Gambar Segitiga Ini
24/10/2018 0:00:00
kisah-model-yang-tetap-menikah-walaupun-mengalami-luka-bakar-hebat
Kisah Model yang Tetap Menikah Walaupun Mengalami Luka Bakar Hebat
23/10/2018 0:00:00
3-fakta-unik-dari-film-a-star-is-born
3 Fakta Unik Dari Film A Star Is Born
22/10/2018 0:00:00
ternyata-garis-tangamu-bisa-tunjukan-masa-depan-mu-loh
Ternyata Garis Tangamu Bisa Tunjukan Masa Depan Mu Loh
20/10/2018 0:00:00
mengenal-hailey-baldwin,-karir-dan-hubungannya-dengan-justin-bieber
Mengenal Hailey Baldwin, Karir Dan Hubungannya Dengan Justin Bieber
19/10/2018 0:00:00
gambar-hewan-yang-pertama-kamu-lihat-tunjukan-karakter-positif-kamu
Gambar Hewan yang Pertama Kamu Lihat Tunjukan Karakter Positif Kamu
17/10/2018 0:00:00
sedang-alami-perut-kembung-?-atasi-dengan-6-cara-ini
Sedang Alami Perut Kembung ? Atasi Dengan 6 Cara Ini
16/10/2018 0:00:00
transformasi-song-hye-kyo,-dari-kecil-sampai-menjadi-artis-korea-terkenal
Transformasi Song Hye Kyo, Dari Kecil Sampai Menjadi Artis Korea Terkenal
15/10/2018 0:00:00
6-fakta-tentang-indonesia-ini-ternyata-sampai-di-kenal-di-dunia-loh
6 Fakta Tentang Indonesia Ini Ternyata Sampai Di Kenal Di Dunia Loh
12/10/2018 0:00:00
gempa-guncang-jawa-timur-dan-bali
Gempa guncang Jawa Timur Dan Bali
11/10/2018 0:00:00
apa-saja-sih-manfaat-dari-buoy-pendeteksi-tsunami,-berikut-penjelasannya
Apa Saja Sih Manfaat Dari Buoy Pendeteksi Tsunami, Berikut Penjelasannya
10/10/2018 0:00:00
tes-kepribadian,-apa-yang-kamu-lihat-pertama-kali-?
Tes Kepribadian, Apa yang Kamu Lihat Pertama Kali ?
10/10/2018 0:00:00
4-hal-positive-yang-bisa-kamu-ambil-saat-di-selingkuhi
4 Hal Positive yang Bisa Kamu Ambil Saat Di Selingkuhi
08/10/2018 0:00:00
fakta-menarik-tentang-minuman-sehat-yang-perlu-kamu-tau
Fakta Menarik Tentang Minuman Sehat yang Perlu Kamu Tau
05/10/2018 0:00:00
fakta-unik-dari-makanan-yang-kamu-belum-tau
Fakta Unik Dari Makanan yang Kamu Belum Tau
04/10/2018 0:00:00
10-fakta-unik-mengenai-batik
10 Fakta Unik Mengenai Batik
04/10/2018 0:00:00
doa-pembuka-rezeki-dan-minta-usaha-lancar
Doa Pembuka Rezeki Dan Minta Usaha Lancar
03/10/2018 0:00:00
kelender-dan-jadwal-libur-nasional-2019
Kelender Dan Jadwal Libur Nasional 2019
02/10/2018 0:00:00
untuk-para-wanita,-trend-model-rambut-di-2019
Untuk Para Wanita, Trend Model Rambut Di 2019
02/10/2018 0:00:00
ramalan-bintang-tentang-percintaan,-karir-dan-kesehatan-di-tahun-2019
Ramalan Bintang Tentang Percintaan, Karir Dan Kesehatan Di Tahun 2019
02/10/2018 0:00:00
ramalan-bintang-di-2019-,-horoskop-cinta,-uang,-karir,-&-kesehatan
Ramalan Bintang di 2019 , Horoskop Cinta, Uang, Karir, & Kesehatan
02/10/2018 0:00:00
4-karakter-wanita-berdasarkan-belahan-rambutnya
4 karakter wanita berdasarkan belahan rambutnya
02/10/2018 0:00:00
4-karakter-wanita-berdasarkan-belahan-rambutnya
4 karakter wanita berdasarkan belahan rambutnya
02/10/2018 0:00:00
cari-tahu-kepribadian-seseorang-dari-bentuk-wajahnya
cari tahu kepribadian seseorang dari bentuk wajahnya
01/10/2018 0:00:00
sifat-dan-karakter-pribadi-anda-dapat-dilihat-dari-tanggal-dan-hari-lahir-
sifat dan karakter pribadi anda dapat dilihat dari tanggal dan hari lahir
01/10/2018 0:00:00
arti-goresan-tanda-tangan-seseorang-dan-hubungan-dengan-kepribadian-anda
Arti Goresan Tanda Tangan Seseorang dan hubungan dengan kepribadian anda
01/10/2018 0:00:00
makna-dari-tahi-lalat-menurut-astrologi-cina,-ternyata-bisa-menceritakan-kepribadian-dan-masa-depan
Makna Dari Tahi Lalat Menurut Astrologi Cina, Ternyata Bisa Menceritakan Kepribadian Dan Masa Depan
01/10/2018 0:00:00
act-mencatat-korban-tewas-akibat-gempa-di-palu-mencapai-ribuan-orang
ACT Mencatat Korban Tewas Akibat Gempa di Palu Mencapai Ribuan Orang
01/10/2018 0:00:00
telan-korban-jiwa-ratusan-orang,-gempa-di-palu-dan-donggala-di-sorot-dunia
Telan Korban Jiwa Ratusan Orang, Gempa Di Palu Dan Donggala Di Sorot Dunia
01/10/2018 0:00:00
tanda-tanda-para-wali-allah
Tanda Tanda Para Wali Allah
22/09/2018 0:00:00
habib-munzir,kisah-ulama-besar-yang-tidak-memiliki-rumah
Habib Munzir,Kisah Ulama Besar Yang Tidak Memiliki Rumah
11/09/2018 0:00:00
kisah-unik-habib-jafar-al-kaff-beli-fortuner-400rb-hingga-membuang-uang-puluhan-juta-ke-laut
Kisah Unik Habib Jafar Al Kaff Beli Fortuner 400rb Hingga Membuang Uang Puluhan Juta Ke Laut
11/09/2018 0:00:00
kisah-imam-syafii,-mengungkap-rejeki-yang-seharusnya-tidak-kita-terima
Kisah Imam Syafii, Mengungkap Rejeki Yang Seharusnya Tidak Kita Terima
11/09/2018 0:00:00
habib-jafar-bin-muhammad-alkaff-wali-allah-majdub-asal-kudus
Habib Jafar Bin Muhammad AlKaff Wali Allah Majdub Asal Kudus
11/09/2018 0:00:00
apa-itu-rijallul-ghaib?-bagaimana-cirinya?
Apa Itu Rijallul Ghaib? Bagaimana Cirinya?
06/09/2018 0:00:00
inilah-anak-yang-lahir-di-planet-mars
Inilah Anak Yang Lahir di Planet Mars
28/08/2018 0:00:00
cara-jitu-membuka-iphone-yang-terkunci
Cara Jitu Membuka Iphone Yang Terkunci
28/08/2018 0:00:00
5-kebiasaan-buruk-setelah-makan-yang-wajib-anda-hindari
5 Kebiasaan Buruk Setelah Makan Yang Wajib Anda Hindari
21/08/2018 0:00:00
menilik-masa-depan-pariwisata-lombok-pasca-gempa
Menilik Masa Depan Pariwisata Lombok Pasca Gempa
21/08/2018 0:00:00
mengintip-gaya-liburan-roy-kiyoshi
Mengintip Gaya Liburan Roy Kiyoshi
21/08/2018 0:00:00
spot-instagrammable-venue-asian-games-2018
Spot Instagrammable Venue Asian Games 2018
21/08/2018 0:00:00
sandiaga-uno-:-aksi-jokowi-di-pembukaan-asian-games-2018-keren-banget-!
Sandiaga Uno : Aksi Jokowi Di Pembukaan Asian Games 2018 Keren Banget !
19/08/2018 0:00:00
aksi-jokowi-naik-moge-di-pembuakaan-asian-games-2018-menuai-pujian
Aksi Jokowi Naik Moge Di Pembuakaan Asian Games 2018 Menuai Pujian
19/08/2018 0:00:00
pembukaan-asian-games-2018-yang-menyihir-penonton
Pembukaan Asian Games 2018 Yang Menyihir Penonton
19/08/2018 0:00:00
bukan-fisik,ternyata-ini-yang-membuat-wanita-tergila-gila-pada-pria
Bukan Fisik,Ternyata Ini Yang Membuat Wanita Tergila Gila Pada Pria
18/08/2018 0:00:00
gempa-6,7-sr-di-ntt-membuat-pasien-rsud-dompu-berhamburan
Gempa 6,7 SR di NTT Membuat Pasien RSUD Dompu Berhamburan
18/08/2018 0:00:00
ntt-diguncang-gempa-bumi-6,7-sr
NTT Diguncang Gempa Bumi 6,7 SR
18/08/2018 0:00:00
jokowi-pamerkan-turunnya-angka-pengangguran-ri
Jokowi Pamerkan Turunnya Angka Pengangguran RI
17/08/2018 0:00:00
hore-gaji-pns-naik-lagi-5-%
Hore Gaji PNS Naik Lagi 5 % Pemerintah Siapkan 6T
17/08/2018 0:00:00
Ini-Dia-Daftar-Kekayaan-Capres-Prabowo
Ini Dia Daftar Kekayaan Capres Prabowo,Wow Menakjubkan
17/08/2018 0:00:00
http://manuelzktc11009.free-blogz.com/8651946/where-looking-for-used-office-desks
http://emiliocnwf22211.widblog.com/9814263/finding-one-of-the-most-office-desk
http://andywhrg22109.collectblogs.com/9918998/choosing-perfect-office-desk
http://johnathanwfmu87665.alltdesign.com/selecting-some-sort-of-office-desk-for-business-10660343
http://andreiuen66554.amoblog.com/digital-picture-frames-for-your-office-11831920
http://travisfrbk44333.digiblogbox.com/5721755/tips-on-creating-a-home-office
http://franciscobhmr65321.bloginwi.com/8372099/choosing-a-desk-for-the-home-office
http://kameronzrcj28286.blogzag.com/8201790/your-office-desk-location-strategies-to-office-desk-cabinets
http://sethufox99888.jaiblogs.com/6765034/home-office-organizing-tips
http://griffinybns65421.look4blog.com/8176459/advantages-of-having-a-fountain-in-your-office
http://charlieftck44433.imblogs.net/8307078/oak-office-desk-positives
http://daltonoakt87766.blogstival.com/3365094/fun-toys-for-your-office-desk-space
http://zanderoxfm44321.designi1.com/3313405/get-cheap-office-desks-for-your-office
http://holdenamwg33444.educationalimpactblog.com/3318459/the-top-five-most-outrageous-office-furniture
http://codykudm55443.ivasdesign.com/3317806/how-choose-from-home-office-desk
http://kameronueox98887.link4blogs.com/3365244/ways-to-entertain-yourself-at-a-boring-desk-job
http://felixeqzi33221.mybloglicious.com/3368202/furniture-generating-home-office
http://shaneflnq27271.post-blogs.com/3312098/office-desks-in-order-to-create-your-office-more-attractive
http://chanceyhov76644.review-blogger.com/3251075/office-furniture-perth-picking-a-suitable-office-desk
http://eduardoqakt77776.total-blog.com/how-to-get-cheap-office-desks-14919348

bimaschidigitalaolusi.com
Pengertian Internet Marketing dan Digital Marketing
definisi dan pengertian tentang internet marketing apa keunggulan dan keuntungan menggunakan jasa internet marketing
Follow Us
Links